Januari 10, 2011

Bappeda Kabupaten Solok Laksanakan Perencanaan Awal Kinerja 5 Tahun

         
              Dalam rangka mempersiapkan langkah percepatan pencapaian visi pemerintahan sebagaimana diusung oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2011-2015. Bappeda Kabupaten Solok telah melakukan pembedahan terhadap dokumen visi misi Bupati dan Wakil Bupati guna dirumuskan menjadi draf RPJM Daerah 2011-2015.
            Dari hasil diskusi dan kajian Tim Bappeda, Indikator kinerja utama Daerah sebagiamana direncanakan oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih difokuskan kepada 2 bidang:
-          Reformasi Tata Kelola Pemerintahan, dan
-          Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
           Dua bidang yang diprioritaskan ini akan di breakdown lagi menjadi beberapa indikator sasaran sehingga pada akhirnya akan dikonkritkan kepada program dan kegiatan tahunan.
Seiring dengan proses penyusunan RPJM Daerah 2011-2015, Bappeda saat ini juga tengah menggodok beberapa dokumen perencanaan lainnya seperti :
-          KUA dan PPAS perubahan APBD 2010
-          RKPD, KUA dan PPAS APBD 201
-          Evaluasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD atau SKPD)
           Ketiga agenda perencanaan ini merupakan agenda urgen guna menghadapi penyelenggaraan pemerintahan lima tahun kedepan. 
           Disamping persiapan dokumen perencanaan sebagaimana tersebut, Bappeda Kabupaten Solok pada akhir Agustus ini bermaksud untuk melakukan pelatihan bagi aparatur perencana baik di tingkat SKPD maupun diinternal Bappeda sendiri guna menindaklanjuti penyusunan dokumen-dokumen ikutan setelah RPJM daerah disusun dan ditetapkan.

1 komentar:

  1. Kabupaten Solok akan lebih maju apabila rencana pembangunannya diselaraskan dengan RTRWnya...
    Yang jadi pertanyaan, bagaimana RTRW Kab. Solok?
    Mungkin RTRWnya sudah selesai seperti yang telah dilakukan oleh semua kabupaten/kota bahkan propinsi. tapi kesesuaian RTRW kab. Solok dengan Propinsi dan dengan RTRW nasional merupakan hal yang sangat urgensi. bayangkan kalo indonsesia itu sebuah rumah, yang satu daerah ingin atapnya tinggi, yang satu lagi rendah, kacau sudah bentuk rumahnya...
    mohon jadi perhatian..

    BalasHapus